Bill Clinton: “Aturan telah berubah” sehingga Anda dapat membuat seseorang bertentangan dengan keinginan mereka

Mantan Presiden Bill Clinton menyarankan bahwa “norma telah berubah” di masyarakat sehingga “Anda dapat membuat seseorang menentang kehendak Anda” dalam menanggapi pertanyaan tentang pengunduran diri mantan senator Minnesota Al Franken ke Kongres setelah tuduhan pelecehan seksual.
“Saya pikir aturan telah benar-benar berubah dalam hal apa yang dapat Anda lakukan untuk seseorang yang bertentangan dengan keinginan mereka, seberapa banyak Anda dapat mengisi ruang mereka, membuat mereka merasa sengsara di tempat kerja,” kata Clinton kepada PBS Newshour dalam sebuah wawancara yang ditayangkan pada hari Kamis “Anda tidak perlu menyerang seseorang secara fisik untuk membuatnya, Anda tahu, tidak nyaman di tempat kerja atau di rumah atau di tempat lain, hanya berjalan, itu, saya pikir, itu baik.”
Komentar Clinton datang di tengah serangkaian penampilan media mempromosikan sebuah buku baru yang ditulis bersama oleh novelis legendaris James Patterson. Senin lalu, ia harus mengklarifikasi pengamatan yang ia lakukan kepada NBC, di mana ia membela diri dari kritik atas petualangannya pada 1995 dengan Monica White pada saat itu di Gedung Putih.Presenter PBS Newshour, Judy Woodruff, bertanya kepada Clinton tentang Franken, yang mengundurkan diri dari Kongres pada bulan Januari di tengah tuduhan bahwa dia menyentuh wanita dengan tidak semestinya. Clinton, dirinya, telah dituduh oleh beberapa wanita pelecehan seksual dan pemerkosaan, yang telah ditolaknya.
Angel Urena, juru bicara Clinton, menanggapi komentar Clinton dengan mengatakan kepada CNN bahwa mantan presiden “ditanya tentang kasus tertentu, periode.”
“Sudah jelas dari konteksnya,” kata Urena. “Saya tidak menyarankan bahwa ada suatu saat ketika dapat diterima untuk melakukan sesuatu terhadap kehendak seseorang, itu mengatakan bahwa aturan telah berubah dalam berbagai cara dalam cara kita berinteraksi satu sama lain, dan itu adalah yang terbaik.”
Dalam wawancaranya dengan PBS, Clinton menggambarkan situasi Franken sebagai “kasus sulit” dan mempertanyakan salah satu tuduhan yang ditujukan terhadap Franken, seorang mantan komedian.
“Mungkin saya hanya orang tua, tapi saya pikir ada 29 wanita di ‘Saturday Night Live’ yang membuat pernyataan untuknya, dan cerita pertama dan paling fantastis itu disebut, saya kira, yang dipertanyakan,” kata Hillary. untuk PBS, mengacu pada lusinan wanita, mantan dan anggota staf SNL saat ini, yang mengeluarkan pernyataan untuk mendukung Franken.
Dalam sebuah esai yang ditulisnya untuk Vanity Fair pada bulan Februari, Lewinsky mengevaluasi kembali perselingkuhannya dengan Clinton, menulis bahwa dia mulai “mempertimbangkan implikasi dari perbedaan kekuasaan” dan menghibur “gagasan bahwa dalam keadaan seperti itu gagasan tentang persetujuan Itu bisa saja dibuat diperdebatkan. ”
Clinton, yang dituduh dan menghadapi pensiun dari kursi kepresidenan, mengatakan kepada NBC pekan lalu bahwa dia “melakukan hal yang benar” untuk tetap di kantor setelah skandal Lewinsky dan tidak berutang Lewinsky permintaan maaf pribadi karena dia sudah meminta maaf di depan umum. .